Fluida Superkritikal

Fluida superkritikal adalah zat yang berada pada suhu dan tekanan di atas titik kritikal termodinamika. Zat ini memiliki kemampuan unik untuk berdifusi melalui benda padat seperti gas, dan melarutkan benda seperti cairan. Dan dia juga dapat merubah kepadatannya bila mengubah sedikit suhu dan tekanannya. Sifat seperti ini membuatnya cocok sebagai pengganti pelarut organik dalam proses yang disebut Ekstraksi fluid superkritikal. Karbon dioksida dan air adalah fluida yang paling umum digunakan.

CO2 sebagai fluida superkritis sebenarnya adalah gas yang dinaikkan temperaturnya mencapai temperatur kritis (temperatur tertinggi yang dapat mengubah fase gas menjadi fase cair dengan cara menaikkan tekanan), dan memiliki tekanan kritis (tekanan tertinggi yang dapat mengubah fase cair menjadi fase gas dengan cara menaikkan temperatur) sehingga sifat-sifatnya berada di antara sifat gas dan cairan.

Sebagai pelarut superkritis, CO2 telah cukup banyak dimanfaatkan dibidang penelitian dan industri. Keuntungan lain adalah kita tidak perlu membuat CO2 melainkan cukup menyaringnya dari udara sekitar kita. Walaupun teknologinya masih mahal, bukan berarti tidak bisa dimanfaatkan secara nyata. Dibidang isolasi dan pengolahan bahan alam, CO2 superkritis dimanfaatkan sebagai pelarut dalam proses ekstraksi maupun de-ekstraksi senyawa-senyawa aktif dari tumbuhan untuk pengobatan, atau senyawa-senyawa penting untuk industri makanan, misalnya ekstraksi minyak atsiri lemon, jahe, beta-carotene dari tumbuh-tumbuhan atau de-ekstraksi caffein pada kopi.

Proses pemisahan komponen-komponen dengan menggunakan fluida CO2 superkritis pada prinsipnya adalah peristiwa perpindahan massa yang didasarkan pada solubilitas (kelarutan) dari komponen terlarut (solute) dan pelarutnya (solvent). Bila kandungan solute dalam bahan padat lebih besar bila dibandingkan terhadap kelarutannya dalam solvent, proses ekstraksi adalah sama dengan desorpsi irreversible. Sementara itu daya solubilitas solvent dapat ditingkatkan dengan meningkatkan polaritasnya dengan penambahan co-solvent.

Advertisements

4 responses to “Fluida Superkritikal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: